Deskripsi Pelatihan
Pelatihan dan Ujian Sertifikasi ini memberikan kepada para peserta berbagai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sehingga menjadi kompeten dalam melaksanakan tugas sebagai seorang pengelola layanan Teknologi Informasi atau CIO (Chief Information Officer) di organisasinya. Berbagai hal yang akan mampu dilakukan oleh peserta antara lain adalah mengelola layanan TI, menyelaraskan layanan TI dengan kebutuhan organisasi, menyusun strategi layanan TI, mengelola insiden, masalah, serta resolusi masalah TI, dan memantau tingkat layanan TI. Setelah mengikuti pelatihan serta lulus ujian sertifikasi ini, maka peserta akan mendapatkan pengakuan sebagai seorang pengelola layanan Teknologi Informasi yang kompeten dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
Sertifikasi
Peserta akan mendapatkan sertifikasi Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi dengan mengikuti pelatihan & exam.
Tujuan Pelatihan
- Memberikan Pelayanan TI Sesuai Dengan Bisnis Yang Dijalankan
- Menyediakan Layanan Berdasarkan Tingkat-Tingkat Tertentu
- Memberikan Pelayanan Produk-Produk Teknologi Informasi Sesuai Kebutuhan Bisnis
- Menetapkan Resolusi Dan Masalah Terhadap Seluruh Aktivitas Seluruh Siklus Hidup TI
- Mengelola Insiden Yang Terjadi
- Memantau Pelayanan Prosedur Tingkat Layanan
Garis Besar Pelatihan
- Penyusunan Pelayanan TI Sesuai Kebutuhan Organisasi
Pengelolaan Siklus Pengembangan Teknologi Informasi
Pengelolaan Sumber Daya Manusia
Pengembangan Strategi Pengelolaan Sumber Daya - Pengelolaan Layanan Berbasis Tingkatan
Pemantauan Kinerja Pelayanan
Analisa Peningkatan Tingkat Pelayanan
Penentuan Tingkat Layanan
Pengelolaan Katalog Layanan
Pengembangan Strategi Layanan - Penyediaan Layanan Produk TIK Sesuai Kebutuhan Organisasi
Pemberian Layanan Operasional
Pemberian Layanan Pemeliharaan dan Instalasi TI
Pembuatan Konsep, Kebijakan, Standar, dan Prosedur Pemeliharaan TI - Pengelolaan Resolusi dan Masalah TI
Identifikasi Masalah Siklus TI
Dokumentasi Aktivitas Siklus Hidup TI
Penetapan Resolusi Terhadap Masalah Siklus TI - Pengelolaan Insiden TI
Penanganan Terhadap Insiden TI
Analisa Insiden TI
Dokumentasi Aktivitas Penanganan Insiden TI
Pembuatan Konsep, Kebijakan, Standar, dan Prosedur Pengelolaan Insiden TI - Pemantauan Pelayanan TI
Evaluasi Tingkat Layanan
Analisa Tingkat Layanan
Audit Tingkat Layanan
Siapa Yang Perlu Hadir?
- Pihak yang ingin mendapatkan Sertifikasi Klaster Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Sektor Teknologi Informasi Bidang Manajemen Layanan Teknologi Informasi.
Prasyarat Peserta
Pelatihan ini disarankan untuk peserta yang memiliki pengetahuan dan keahlian antara lain:
- Peserta sudah memiliki pengetahuan dasar tentang pengelolaan layanan teknologi Informasi (Information Technology Service Management).
Durasi Pelatihan
3 Hari
Ujian Sertifikasi Klaster Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi
- Tes Tertulis
- Demonstrasi Konseptual
- Wawancara